Pengetahuan Baru

Belajar tentang teknologi, zaman sekarang telah banyak berkembang dan itu secara pesat. Dahulu setiap orang yang ingin merapikan tulisan dari bentuk tulisan tangan menjadi huruf ketik harus menggunakan mesin ketik. Namun kini semua telah mudah dengan penggunaan komputer, PC atau laptop. Di laman ini, akan dipaparkan beberapa gambaran tentang apa itu software, mulai dari microsoft word, corel draw, dan adobe flash. Microsotf word adalah aplikasi dimana kita dapat menuliskan kata-kata atau mengolah dokumen.  Microsoft word sendiri merupakan pengembangan dari microsoft office. Aplikasi ini sering digunakan untuk membuat surat, membuat skripsi/tesis/desertasi, membuat proposal, membuat surat penawaran, membuat laporan bulanan, membuat tugas-tugas, dan lain-lain.

Selain untuk mengolah kata dan dokumen, terdapat fasilitas tambahan seperti Clip Art, yaitu fasilitas untuk menggunakan gambar-gambar bawaan dari program MS Word tersebut. WordArt, yaitu fasilitas untuk menggunakan model-model huruf atau bentuk huruf yang artistik. Drawing, yaitu faslitas untuk membuat bagan, denah, flowchart dll. Math Equation, yaitu untuk penulisan rumus matematika. Chart, yaitu untuk membuat grafik. Dan masih ada beberapa fasilitas lain yang belum dapat dipaparkan di laman ini.

Fungsi dari microsoft ini sendiri adalah untuk meringankan dan mengefisienkan waktu seseoranng dalam mengerjakan tugas dan pekerjaan sehari-hari mereka yang tentunnya dibidang pengolahan kata dan dokumen.

 

 

 

 

 

 

Selain microsoft word di sini akan dipaparkan tentang corel draw. Corel draw di sini adalah aplikasi atau software yang digunakan untuk membuat gambar atau logo. Secara teori CorelDRAW merupakan program aplikasi desain grafis intuitif dan menyediakan banyak fasilitas yang memudahkan pengguna dalam membuat desain obyek grafis.

Langkah awal untuk memulai CorelDRAW adalah Klik Start – All Program – CorelDRAW kemudian Klik New Grapihic tunggu beberapa saat, sehingga muncul tampilan lembar baru corel draw.

Pada corel draw ini terdapat berbagai menu seperti di bawah ini,

Title Bar untuk memberi informasi tentang nama file dan aplikasi yang sedang dibuka. Pada ujung pojok kanan atas terdapat tombol Maximize Button untuk membuat tampilan CorelDRAW satu layar penuh, Minimize button untuk meletakkan program pada Taskbar menu, sedangkan Close button untuk mengakhiri program.

Menu Bar adalah barisan menu yang terdiri dari File, Edit, Layout, Type, Element, Utilities, View, Window dan Help. Semua perintah-perintah terdapat pada menu menu tersebut.

Standard Tool Bar terdapat icon – icon perintah yang sering kita gunakan, misalnya untuk membuat file baru, membuka file, menyimpan, mencetak dan sebagainya. Hanya dengan klik sekali pada icon yang dimaksud maka perintah akan langsung dijalankan oleh CorelDraw.

Property Bar, Misalnya tool Box sedang aktif pada Zoom Tool, maka akan memunculkan property dari Zoom tool, demikian juga dengan tooltool yang lain.

Ruler berfungsi untuk membantu kita dalam membuat desain dengan ukuran yang tepat. karena terdapat mistar horizontal dengan satuan ukuran yang dapat kita ubah sewaktu-waktu.

Printable Area merupakan area dimana desain kita diletakkan untuk dicetak.

Color Pal disini kita dapat mengakses tool-tool warna melalui on-screen color palette, Color dialog box, maupun Color Roll-upuntuk memilih warna isi, outline, kertas dan lain-lain. Namun langkah yang tercepat untuk mengakses warna adalah melalui On-screen color palette yan gtesedia di sebelah kanan window.

Tool Box merupakan barisan icon yang menyimpan berbagai macam perintah untuk pembuatan obyek dasar, editing obyek, efek-efek interaktif dan lain lain.

Status Bar memberikan informasi tentang operasi yang sedang dilakukan, koordinat posisi mouse berada dan juga informasi tentang warna pada obyek yang sedang diaktifkan, baik warna fill maupun outline.

Tool boxnmerupakan sarana utama pada CorelDRAW. Tool Box menyimpan berbagai perintah perintah untuk membuat obyek dasar, editing obyek, memberikan efek-efek interaktif dan lain-lain.

 

 

                                                  

 

 

 

 

Yang terakhir adalah adobe flash. Adobe flash ini digunakan untuk membuat animasi. Sebelulmnya telah dibahas microsoft word dan coreldraw. Dari hanya mengolah kata dan dokumen, kemudian kita dapat menggambar dan mendesain melalui komputer, PC atau laptop. Sekarang kita sudah mulai bisa membuat animasi menggunakan teknologi.

Adobe flash sendiri merupakan program andalan dari adobe system. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player cara membuka adobe flash ini mudah. Klik aplikasi adobe flash yang ada di windows dan mengikuti langkah registrasi. Kalau biasanya, saat pembelajaran dapat menggunakan type 2.1. dan kita sudah dapat memulai membuat animasi bergerak.

 

 

 

 

untuk gambar coreldraw saya ambil dari teman saya, karena laptop saya tidak mendukung

Leave a Reply

*

59 + = 65